Contact us to pkmbrp.undip@gmail.com

News & Blog

Disain Struktur Bangunan Pantai Tim PKMBRP

News & Blog

Demak – Sabtu tanggal 1 Oktober 2016 Tim Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir (PKMBRP) UNDIP melakukan survei ke Pesisir Demak untuk melihat kondisi secara langsung erosi Pesisir Demak dan struktur sabuk pantai groin serta struktur HE yang telah didisain tim PKMBRP dan dibangun beberapa tahun yang lalu.

Terlihat dari hasil dokumentasi bahwa disain bangunan pantai yang tim PKMBRP disain memiliki pengaruh besar dalam menjaga pesisir Demak dari pengaruh erosi, bahkan beberapa jenis mangrove dapat tumbuh dengan baik dibelakang struktur bangunan, hal tersebut terjadi karena mangrove terlindung secara baik oleh bangunan sabuk pantai groin.

” Struktur bangunan pantai yang kita disain ini merupakan bangunan yang lebih efektif menjebak sedimen sehingga sangat memungkinkan ditumbuhi oleh mangrove sebagai sabuk pantai nantinya, serta struktur ini memiliki nilai efisinsi yang paling baik dari segi harga. Selain itu program pembangunan yang menggunakan bahan yang mudah ditemukan dan dalam proses pembangunan selalu melibatkan keterlibatan masyarakat sehingga dengan demikian masyarakat senantiasa menjaga keberadaan struktur ini.” terang Dr. Denny Nugroho S (Kapala Departemen Oseanografi Undip).

Untuk struktur HE yang merupakan perpaduan struktur dari bahan-bahan alami sendiri sekarang dalam proses penlitian untuk menetukan susunan bahan yang tepat sebagai penjebak sedimen.

Tim PKMBRP kini juga melakukan proses pengerjaan maket bangunan pantai di Pesisir Demak dan proses pengajuan hak paten untuk struktur HE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: