Contact us to pkmbrp.undip@gmail.com

News & Blog

Explicit France Kunjungi PKMBRP UNDIP

News & Blog

Semarang-  Selasa (18/5/17) PKMBRP UNDIP mendapat kunjungan dari Explicit France , yaitu Dr Alexandre Gil, Project Engineering yang mewakili EXPLICIT menyampaikan bahwa kunjungan ke PKMBRP UNDIP ini dalam rangka rencana kerjasama penelitian bersama, EXPLICIT sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang energi dan ekologi.

EXPLICIT  juga fokus terhadap pencarian sumber energi yang terbarukan, melakukan antisipasi terhadap perubahan iklim dan energi, pengelolaan energi yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Alexandre Gil memaparkan presentasi terkait kondisi di Indonesia, dimana 20-30 tahun mendatang 68% populasi akan tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, sehingga beban perkotaan menjadi lebih bertambah.

Kebutuhan air dan listrik akan meningkat, kebutuhan transpotrasi umum pun akan meningkat. Untuk itu diperlukan penataan ruang yang tidak hanya untuk mengatur pembangunan yang terjadi di kota-kota besar namun juga untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan air dan listrik.

Ditambah dengan pemaparan tim peneliti dari PKMBRP UNDIP yaitu Dr. Muhammad Helmi, S.Si., M.Si., yang memaparkan terkait dengan Kota Semarang ini kita memiliki beberapa ancaman bahaya diantaranya masalah penurunan permukaan tanah di wilayah Semarang, dengan penurunan maksimum bisa mencapai 13 cm/tahun. Akibat dari penurunan permukaan tanah ini, banyak terjadi banjir hingga 1.5 km dari garis pantai, selama air pasang, dan air tanah tidak bisa digunakan lagi karena adanya penetrasi air laut sehingga air menjadi tidak layak pakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: