Contact us to pkmbrp.undip@gmail.com

News & Blog

PKMBRP Kembangkan Teknologi Penanggalan Penangkapan Ikan

News & Blog

PKMBRP – Menghadapi perubahan musim yang akhir-akhir ini tidak menentu, Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir (PKMBRP) UNDIP mengembangkan teknologi tepat guna untuk membantu nelayan dalam mengatasi kondisi tersebut, pengembangan teknologi tepat guna yang digagas oleh tim PKMBRP diketuai oleh Dr. Kunarso yaitu membuat penanggalan penangkapan ikan yang dilengkapi dengan informasi lokasi penangkapan ikan dan janis ikan, pengembangan teknologi ini nantinya diharapkan bisa membantu para nelayan dalam melawati musim-musim yang tidak menentu.
Peta Penangkapan Ikan

Teknologi tepat guna yang digagas oleh Dr. Kunarso yang jugamenjadi dosen pengajar matakuliah oseanografi perikanan di Departemen Oseanografi Undip ini masih didisain untuk beberapa kawasan yaitu perairan Jepara dan Karimunjawa yang nantinya segera dikembangakan untuk penaggalan penangkapan ikan di kawasan perairan Indonesia.

Pengembangan teknologi tepat guna ini juga akan dikembangkan dalam bentuk aplikasi smartphone baik dengan bentuk kerjasama maupun melakukan pembangunan aplikasi secara mandiri sehingga data penanggalan penangkapan ikan akan terintegrasi secara langsung ke masyarakat umum khususnya para nelayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: