Contact us to pkmbrp.undip@gmail.com

News & Blog

Tim Peneliti PKMBRP Menjadi Narasumber di Acara 1000 Meter, Metro TV

News & Blog

Semarang – Sabtu tanggal 4 Februari 2017, Tim Peneliti PKMBRP (Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir) Universitas Diponegoro menjadi narasumber dalam acara 1000 Meter Metro TV, acara yang ditayangkan dengan durasi selama 30 menit ini mengambil judul “Benteng Alami Penangkal Abrasi”.

Tim peneliti dari PKMBRP yang menjadi narasumber dalam acara tersebut adalah Dr. Muhammad Helmi S.Si, M.Si, Dr. Denny Nugroho S, S.T, M.Si dan Dr. Rudhi Pribadi.

Pada kesempatan tersebut Dr. Muhammad Helmi S.Si, M.Si menyampaikan penyebab-penyebab terjadinya abrasi dan menginformasi kerusakan-kerusakan yang terjadi di Pesisir Pantai Semarang dan Demak. Pungkasnya “Aktifitas reklamasi dan pembangunan bangunan pantai bila tidak ada kajian mendalam akan mempengaruhi pada kerusakan pantai dan perubahan garis pantai, daerah-daerah yang harusnya dijadikan sepadan pantai sebaiknya dijaga dengan baik bukan dijadikan daerah tambak”.

Dr. Denny Nugroho S, S.T, M.Si menyapaikan bahwa permasalahan abrasi yang terjadi di Pesisir Pantai Utara Jawa khususnya Semarang dan Demak ini dapat ditangani dengan cara membangun satu segmen sabuk pantai  yang berkesinambungan. Dengan menyelesaikan setiap satu Coastal cell secara berkesinambungan, perencanaan yang tepat dan memadukan metode pembangunan sabuk pantai dengan growing merupakan cara yang efektif dalam penanganan masalah tersebut.

Ditambahkan oleh Dr. Rudhi Pribadi bahwa untuk melakukan penanganan abrasi di Pantai Utara Jawa perlu kajian yang mendalam misalkan untuk penanaman mangrove, mangrove yang ditanam harus sesuai lingkungan tanamnya sehingga tidak mati dalam masa pertumbuhan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: